Hello Kali Linux! Sayonara Backtrack!


Bagi para hacker tentunya Backtrack tidaklah asing terdengar di telinga. Backtrack yaitu distro Linux turunan merger dari Whax yang diperuntukkan untuk penetration dan testing sistem jaringan keamanaan. Tools ini memungkinkan untuk melakukan tes keamanan di jaringan manapun. Makin berkembangnya teknologi, Backtrack pun mulai digantikan oleh Kali Linux. Bisa dibilang Kali Linux merupakan reinkarnasi dari Backtrack. Sebagai penerus Backtrack, Kali Linux lebih ‘memfokuskan diri’ ke basis industri untuk percobaan penetrasi atau bahasa kerennya penetration testing (pentest) suatu sistem keamanan komputer. Hal tersebut menjadikan Kali Linux sebagai standarisasi distro Linux yang dipakai untuk percobaan penetrasi.

Berbeda dengan Backtrack yang dibuat dengan sistem operasi Ubuntu, Kali Linux—distro Linux yang populer dikalangan para hacker ini berbasis Debian terbaru sebagai sistem operasi dasarnya, yaitu Debian Wheezy yang makin membuat si distro Linux ini makin bandel, tangguh dan lebih stabil. Mengapa bisa begitu? Kali Linux akan otomatis ter-update tiap harinya karena Kali Linux ini akan bersinkronisasi dengan  respitory Debian hingga 4 kali sehari. Update-annya lebih ke dalam perbaikan-perbaikan security serta update paketan terbaru Debian. Perbaikan bugs akan meningkatkan pengalaman user-nya. Seperti halnya Backtrack, Kali Linux bebas digunakan alias gratis untuk selamanya. Para user-nya tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Dikembangkan secara open source, Kali Linux terdapat berpaket-paket free software juga development tree yang memungkinkan users merombak dan membangun keseluruhan paket (ISO Customization). Selain fitur open source dan development tree, Kali Linux menawarkan dukungan perangkat wireless yang luas sehingga membuatnya kompitable dengan berbagai USB serta perangkat wireless lainnya.    

Sejak kemunculannya di tahun 2006, distro Linux ini langsung diakui sebagai sistem operasi terbaik untuk keamanan system sekaligus hacking. Di dalam Kali Linux ada lebih dari 300an tools hacking dan pentest yang sama persis dengan milik Backtrack. Dengan jumlah tools hacking yang segitu banyaknya, tak heran Kali Linux disebut-sebut sebagai senjata andalan para hacker underground.

Source:
http://ke-block.blogspot.co.id/2013/04/selamat-datang-kali-linux-selamat.html?m=1
http://www.codepolitan.com/kali-linux-senjata-hacking-reinkarnasi-backtrack/
http://cuthawe.blogspot.co.id/2015/05/kelebihan-dan-kekurangan-kali-linux.html?m=1

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Hello Kali Linux! Sayonara Backtrack!"

Back To Top